Senin, 21 November 2016

Manfaat Centella Asiatica (daun Pegagan)

Manfaat Centella Asiatica (daun Pegagan)  Pada OSB Vitamin Otak

Inilah manfaat daun Pegagan untuk kesehatan.

Manfaat Centella Asiatica (daun Pegagan)  Pada OSB Vitamin Otak

  1.  Pegagan (Centella asiatica) sering digunakan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, terkait nutrisi di dalamnya. Pegagan merupakan tanaman liar yang memiliki variasi warna yaitu merah dan hijau. Tanaman ini mudah tumbuh di ladang, pematang sawah, dan sebagainya. Tanaman yang masih tergolong dalam keluarga Umbelliferae ini memiliki nama lain yaitu antanan atau daun kaki kuda. Fakta Gizi Pegagan Tanaman centella memiliki berbagai senyawa kimia seperti asiaticoside, isothankuniside, thankuniside, madecassoside, brahminoside, brahmoside, brahmic acid, meso-inositol, madasiatic acid, carotenoids, dan centellose. Mineral yang ada di dalamnya termasuk kalium, natrium, vellarine magnesium, zat besi, kalsium, dan zat samak. Manfaat Pegagan Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Anda mungkin merasa penasaran dengan manfaat daun pegagan yang sering dibicarakan oleh banyak orang. Berikut manfaat tanaman yang tumbuh dengan menjalar ini: 1. Mempercepat Penyembuhan Luka Penelitian yang diterbitkan oleh Indian Journal of Pharmaceutical Sciences pada tahun 2010 mengungkapkan bahwa sifat farmakologi pada pegagan efektif untuk mempercepat penyembuhan luka.
  2. Meredakan Depresi Uji coba Mengenai efek pegagan terhadap 33 partisipan pernah dilakukan oleh The Nepal Medical College Journal di India. Dalam studi ini menemukan bahwa pegagan mampu mengurangi kecemasan secara signifikan.
  3. Melawan Sel Kanker Penelitian terhadap efektifitas sitotoksik dan antioksidan dari ekstrak pegagan pernah juga diadakan di Brasil. Studi ini juga memperhatikan efek dari fenolat dan flavonoid yang terdapat dalam pegagan. International Journal of Molecular Sciences pada tahun 2009, mengumumkan bahwa ekstrak pegagan menunjukkan kemampuan untuk mematikan kanker glioma.
  4. Menyehatkan Otak Sebuah penelitian terhadap 30 pasien anak-anak yang mengalami keterbelakangan mental, menunjukkan adanya kemajuan yang signifikan setelah mengkonsumsi ramuan pegagan selama 3 bulan. Orang dewasa yang mengkonsumsi pegagan dengan rutin, akan membantu untuk menguatkan kinerja otak, daya ingat, dan mengatasi kelelahan. Bagi anak-anak, pegagan bermanfaat untuk stimulasi otak, sehingga lebih mudah untuk konsentrasi. Tanaman antanan juga memiliki efek menenangkan saraf yang overaktif.
  5. Mencegah Keloid Asiatosida dalam pegagan efektif untuk memperbaiki sel-sel kulit, jaringan ikat, serta mendukung pertumbuhan kuku dan rambut yang sehat. Saponin di dalam centella mampu mempengaruhi kolagen, sehingga dapat menghambat perluasan jaringan bekas luka seperti keloid. Menghilangkan Keloid Dengan Cepat.

Manfaat Pegagan lainnya Pegagan telah dikenal sebagai tanaman obat oleh masyarakat India dan Malaysia, sejak ribuan tahun yang lalu. Pegagan diyakini mampu mendongkrak daya tahan tubuh, pembersih darah, dan melancarkan sekresi urin. Daun antanan juga efektif dalam pengobatan terhadap luka bakar, skleroderma, lupus, sirosis hati, dan gangguan pembuluh vena. Tanaman ini dapat dikonsumsi sebagai jus sayur yang bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah, salah urat, dan mencegah varises.

Efek Samping Dari Pegagan Meskipun kaya akan manfaat kesehatan, daun pegagan dapat menimbulkan efek samping seperti berikut ini:

Bagi penderita hepatitis Penderita penyakit hati seperti hepatitis sebaiknya berkonsultasi dengan dokter, sebelum menggunakan pegagan. Karena banyak orang merasa khawatir mengenai hal ini.
Bagi wanita hamil dan menyusui Wanita hamil dibolehkan untuk menerapkan pegagan pada kulit mereka. Namun sebaiknya hindari mengkonsumsi daun pegagan secara langsung. Karena belum ada bukti kuat yang menunjukkan keamanan centella bagi ibu hamil.

Bagi pasien operasi bedah Zat dalam daun pegagan dapat menimbulkan rasa kantuk, jika dikonsumsi terlalu banyak. Hindari mengkonsumsi pegagan setidaknya dua minggu sebelum menjalani operasi bedah.

Itulah manfaat daun pegagan dan efek sampingnya. Tanaman obat ini banyak tumbuh di pinggir sungai dengan menjalar.

Manfaat Centella Asiatica (daun Pegagan) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar